Mengapa Website Harus Redesign Di Bandung

Mengapa Website Harus Redesign Di Bandung, Melakukan redesign atau menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan perubahan tampilan website itu “gampang-gampang susah”, untuk website yang dibuat dengan menggunakan CMS tentu ini hal yang sangat mudah, tinggal nyari template lalu rubah, namun bagi website yang dibuat tanpa CMS maka akan sulit karena harus dibuat ulang sesuai dengan sistemnya.

Namun bukan itu intinya yang akan kita bahas disini, bukan sulit atau tidak sulit nya, melainkan mengapa dan kapan sebuah website harus dilakukan perubahan pada desain atau biasa dikenal istilah redesign.

Layout Website Berubah

Website sebulan yang lalu, tepatnya awal bulan maret juga melakukan melakukan perubahan desain, dari desain lama yang dibuat pertama kali sekitar setahun yang lalu menjadi desain yang seperti sekarang ini. Hal itu tentu dengan berbagai alasan, dan diantaranya ada di poin-poin yang akan kita bahas, Tapi kita tidak hanya akan membahas tentang alasan kami melakukan perubahan , tapi kita akan mencoba membahas secara global.

Sekali lagi melakukan perubahan tampilan itu tidak mudah, dan perlu banyak pertimbangan, apa lagi untuk website-website skala besar atau website-website yang sudah terlanjur sangat terkenal seperti Yahoo, Microsoft, dan lain nya. Jika salah langkah atau melakukan pada waktu yang tidak tepat bisa berdampak buruk pada citra perusahaan tersebut

Ada beberapa alasan mengapa dan kapan sebuah website sebaiknya melakukan perubahan tampilan.

Web Desain Lama Kurang Menarik ( Usang )

Ini adalah keputusan si pemilik website, kalau si pemilik merasa desain nya sudah terlihat kurang menarik maka bisa saja website tersebut dilakukan perubahan, karena website yang tidak menarik akan membuat pemilik websitenya sendiri jadi tidak bergairah untuk melakukan update terhadap isi website tersebut, seperti malas nulis, dll.

Namun sebenarnya pemilik website sebaiknya tidak seegois itu, karena walau bagaimanapun website itu dibuat agar dapat dinikmati oleh orang lain, jadi akan lebih baik jika pemilik melibatkan atau menanyakan juga kepada pengunjung apakah desain ini masih baik atau harus segera diganti, masih disukai atau sudah mulai tidak disukai, jangan lupa juga untuk berdiskusi dengan rekan di tim untuk meminta pendapat mereka terkait rencana perubahan tampilan, jangan sampai gegabah dengan menganggap sesuatu buruk namun dimata orang lain masih sangat baik.

Walaupun keputusan melakukan perubahan tetap ditangan pemilik website atau pemegang kekuasaan tertinggi pada website tersebut.

Navigasi Yang Membingungkan.

Website-website yang ada saat ini sebagian besar bersifat dinamis, konten website bisa ditambah dan dihapus kapanpun, dalam satu sampai dua tahun atau bahkan hanya beberapa bulan saja bisa jadi konten website sudah sangat banyak dibanding dengan pada saat desain website itu dibuat. Misalnya menu yang semakin banyak sehingga membuat bingung pengunjung, hal ini tentu menjadi masalah, dan sebaiknya segera dilakukan perancangan ulang agar sistem navigasi website tersebut bisa berfungsi lebih maksimal.

Selain navigasi yang membingungkan karena terlalu banyak, sistem navigasi yang kurang baik karena tidak terlihat juga perlu menjadi pertimbangan, ini lah yang terjadi pada desain tutorial yang lama, dimana pengunjung kesulitan menjelajahi isi website karena menunya yang kurang spesifik, yang pada akhirnya membuat pengunjung hanya melihat 1 atau 2 halaman saja, padahal halaman di website ini cukup banyak.

Layout Mulai Tak Teratur & Susah Untuk di Update.

Pada saat sebuah website di luncurkan semua terlihat baik-baik saja, semua bagian terlihat rapih, namun seiring berjalan nya waktu ternyata banyak perubahan terjadi pada website, konten semakin banyak dan formatnya penulisan konten nya juga ternyata berbeda-beda dan tidak seperti yang dibayangkan pada saat pertama kali website dirancang, sehingga layout tidak dapat lagi menampung kebutuhan konten.

Website yang berantakan juga akhirnya membuat pemilik website sulit untuk melakukan updating, sehingga membingungkan dimana lagi konten harus diletakan, karena semua sudah terlihat penuh sesak dan berantakan, Jika hal-hal itu sudah terjadi maka saat itu pemilik website sebaiknya segera melakukan perubahan agar semua bisa terakomodir dengan baik dan semua kembali lancar.

Loading Website Lambat.

Ketika loading website dirasa sudah berat, bisa jadi kerena banyak nya penambahan-penambahan script (modul / plugin) yang dilakukan di tengah jalan seiring dengan bervariasi nya konten, atau karena pemakaian gambar yang terlalu banyak maka pemilik website sudah seharusnya untuk memikirkan agar website nya dilakukan perubahan tampilan, dan tentunya dilakukan optimasi kode atau script agar website bisa kembali memiliki waktu akses yang cepat.

SEO Kurang Baik

Sulitnya website bersaing dengan website-website lain dalam frekuensi kemunculan nya di website pencarian seperti google, bing atau yang lain nya tentu sesuatu yang kurang baik untuk sebuah website. Seseorang yang seharusnya bisa menemukan apa yang dibutuhkan nya di website kita, malah berada di website orang lain karena website orang lain itu menyalip calon pengunjung itu di search engine, karena mereka berada di halaman pertama, sedangkan kita berada dihalaman kedua atau bahkan tidak muncul di halaman 1 sampai 5 untuk kata kunci tertentu (yang harusnya berkaitan dengan website tersebut).

Karena menurut penelitian orang lebih percaya dan cenderung melakukan klik pada website yang berada dihalaman 1 atau 2 dari hasil pencarian di mesin pencari.

Maka pemilik website harus jeli dalam melihat ini, harus bisa membandingkan websitenya dengan website yang serupa dalam persaingan di SEO, kalau hasil menunjukan hasil yang tidak baik, saat nya dilakukan perubahan, karena bisa jadi SEO on Page website tersebut kurang baik dikarenakan banyak penulisan kode yang salah atau kurang baik di website tersebut atau struktur URL yang kurang baik.

Kami juga ada masalah dengan seo saat memutuskan untuk memperbaharui script tutorial-bogordesain.com pada bulan lalu, dimana ada beberapa settingan yang membuat beberapa halaman tidak tampil di hasil pencarian google.

Tidak Bisa Diakses Dari HP atau Tablet ( Tidak Responsive ).

Pada saat ini pengunjung website tidak hanya menggunakan komputer atau PC desktop saat membuka sebuah website, masyarakat sudah banyak yang menggunakan komputer tablet (tablet) atau telepon genggam(Smart Phone)  atau biasa disebut Responsive Website dalam mengakses website, jadi pemilik website harus mulai memikirkan pengunjung yang menggunakan tablet pc dan telepon genggam ini.

Saat ini masih banyak website yang menerapkan 2 buah sistem untuk website nya, dimana yang 1 untuk melayani pengguna PC dan jika ternyata pengunjung menggunakan Tablet / HP maka sistem akan menampilkan tampilan mobilenya. Namun teknologi website sekarang sudah semakin berkembang, dengan media query sebuah website cukup memiki satu sistem saja untuk mengakomodir pengunjung dari PC maupun tablet dan handphone, yaitu dengan menerapkan Responsive web design, dimana tampilan website bisa menyesuaikan lebar dari layar peralatan yang digunakan untuk membuka websit tersebut.

Teknologi Sudah Kuno & Tidak Nge-Trend.

Website yang dibuat beberapa tahun yang lalu banyak yang menerapkan sistem tabel untuk mengatur tampilan, namun sekarang pasti akan terlihat kuno dan tidak ngetrend lagi dan dari segi kecepatan akses tentu terasa lebih berat dibanding website yang sudah menerapkan tabless, dimana sudah menggunakan div untuk merancang layout dan tabel sekarang hanya digunakan untuk menampung data-data tabular saja, bukan untuk layout website.

Trend juga berpengaruh pada pengunjung website, website yang layoutnya jadul tentu menjadi nilai minus dimata pengujung, pengunjung akan lebih senang dengan sesuatu yang baru, seperti halnya informasi yang semakin baru maka semakin laku, tampilan website juga harus terlihat Fresh dengan bantuan teknologi-teknologi baru dalam pembuatan website agak terlihat lebih ciamik.

Maksudnya disini bukan tema website nya, bisa saja website tersebut memang bergaya vintage, tapi vintage nya dibuat dengan teknologi pemograman website terkini. Demikian tentang Mengapa Website Harus Redesign Di Bandung.

Ingin Berlangganan Email Newsletter dari kami?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *